Percobaan 3
Komunikasi I2C Menggunakan Arduino
1. Foto Hardware dan Diagram Blok [Kembali]
Diagram Blok:
2. Prosedur Percobaan [Kembali]
+ Rangkai semua komponen
+ buat program di aplikasi arduino IDE
+ setelah selesai masukkan program ke arduino
+ jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul
Prinsip Kerja
Dalam sistem ini, terdapat dua Arduino yang berperan sebagai master dan slave. Arduino master bertugas mengirimkan pesan dari keypad, sementara Arduino slave menerima pesan tersebut dan menampilkannya pada LCD melalui komunikasi I2C. Pada Arduino master, komunikasi I2C diinisialisasi dengan Wire.begin(), menandakan perannya sebagai master. Tombol pada keypad yang ditekan akan mengirimkan karakter melalui I2C ke Arduino slave. Arduino slave juga menginisialisasi komunikasi I2C dengan Wire.begin(9) dan berperan sebagai slave dengan alamat I2C 9. Saat data diterima dari master melalui I2C, fungsi receiveEvent akan dipanggil secara otomatis di Arduino slave. Karakter yang diterima kemudian ditambahkan ke variabel message, dan jika pesan sudah melebihi 16 karakter, karakter pertama akan dipotong. Pesan tersebut kemudian ditampilkan pada LCD dengan memanggil fungsi displayMessage(). Dengan prinsip ini, data dapat dikirim dari Arduino master ke Arduino slave melalui I2C, dan Arduino slave akan menampilkan tulisan pada layar LCD.
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]
Master Arduino:
Slave Arduino:
Listing Program:
Master
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4; // Jumlah baris pada keypad
const byte COLS = 4; // Jumlah kolom pada keypad
// Matriks keypad
char keys[ROWS][COLS] = {
{'7','8','9','A'},
{'4','5','6','B'},
{'1','2','3','C'},
{'*','0','#','D'}
};
// Pin yang terhubung ke baris keypad
byte rowPins[ROWS] = {7, 8, 9, 10};
// Pin yang terhubung ke kolom keypad
byte colPins[COLS] = {3, 4, 5, 6};
// Membuat objek keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup() {
Serial.begin(9600);
Wire.begin(); // Mulai komunikasi I2C sebagai master
}
void loop() {
char key = keypad.getKey(); // Membaca tombol yang ditekan pada keypad
if (key != NO_KEY) { // Jika tombol ditekan
Serial.println(key); // Tampilkan tombol yang ditekan di serial monitor
Wire.beginTransmission(9); // Mulai transmisi ke slave dengan alamat 9
Wire.write(key); // Kirim tombol yang ditekan ke slave
Wire.endTransmission(); // Akhiri transmisi
delay(100); // Tunda sebentar untuk menghindari bouncing pada tombol
}
}
Slave
#include <Wire.h>
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2); // Inisialisasi objek LCD dengan pin yang terhubung
String message = ""; // Pesan yang akan ditampilkan di LCD
void setup() {
lcd.begin(16, 2); // Inisialisasi LCD dengan ukuran 16x2
Wire.begin(9); // Mulai komunikasi I2C sebagai slave dengan alamat 9
Wire.onReceive(receiveEvent); // Panggil fungsi receiveEvent() saat menerima data dari master
}
void loop() {
// Tidak ada yang perlu dilakukan di loop()
}
void receiveEvent(int byteCount) {
while (Wire.available()) {
char receivedChar = Wire.read(); // Baca karakter yang diterima dari master
message += receivedChar; // Tambahkan karakter ke pesan
if (message.length() > 16) { // Jika panjang pesan lebih dari 16 karakter
message = message.substring(1); // Potong karakter pertama dari pesan
}
displayMessage(); // Tampilkan pesan pada LCD
}
}
void displayMessage() {
lcd.clear(); // Bersihkan layar LCD
lcd.setCursor(0, 0); // Set posisi kursor di baris pertama
lcd.print(message); // Tampilkan pesan di LCD
}
Pada kondisi 6 dari percobaan 3, Key A - D menampilkan huruf A - D secara berurut, huruf yang ditampilkan mengalami scroll ke kanan pada kolom pertama
- HTML↠ klik disini
- Rangkaian ↠ klik disini
- Video Percobaan↠ klik disini
- Datasheet Arduino↠ klik disini
- Datasheet LCD↠ klik disini
- Datasheet Keypad↠ klik disini
- Datasheet Potensiometer↠ klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar